Senin, 24 Januari 2011

5 Tanaman Asli Indonesia

1. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume.

Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Cara hidupnya secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.

Anggrek bulan adalah anggrek kesukaan saya, mempunyai kelopak bunga yang lebar dan anggun. Termasuk tanaman anggrek yang mudah dirawat dan rajin berbunga. Anggrek bulan termasuk golongan anggrek monopodial. Anggrek yang tumbuh keatas dari satu batang. Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bungaanggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh cabang bunga baru.

Phalaenopsis atau anggrek bulan spesies, keberadaannya di Indonesia menyebar dihutan tropis Indonesia. Sebagai tanaman hias indoor, anggrek bulan sangat menawan. Sehingga tidak bisa dipungkiri, penggemarnya meluas. Di Taiwan anggrek bulan hybrid sudah diusahakan sekala industri. Dengan tehnik meryclone. Dan produksinya diekspor keseluruh negara, termasuk indonesia. Di Indonesia sendiri nursery anggrek bulan sudah cukup banyak, terutama di Jawa.

2.Bunga mawar
Bunga yang identik dengan warna merah ini sering digunakan sebagai ungkapan perasaan cinta. Bunga mawar memang memiliki keindahan namun sayangnya bunga ini memiliki duri yang tajam sehingga dapat membuat tangan mengalami pendarahan. Setiap mawar memiliki perbedaan, baik warna, susunan, ukuran, tinggi, dan jumlah durinya.

Namun apakah sebenarnya bunga mawar itu? Dari ilmu biologi dapat dikatakan bahwa mawar adalah tanaman dari ordo Rosanales. Bunga mawar selalu berbunga tanpa henti baik pada saat musim panas maupun musim dingin, bahkan untuk di negara empat musim pun bunga mawar tetap berbunga banyak. Namun kita juga harus tetap merawatnya dengan baik meskipun sebenarnya perawatan bunga mawar merupakan hal yang mudah.

Mawar juga merupakan tanaman tahunan yaitu cukup dengan anda membeli satu kali namun bunga mawar tersebut bisa tumbuh puluhan tahun. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan sekarang bunga mawar memiliki keberagaman warna, antara lain biru, pink, kuning, putih, ungu, hitam, yang konon memiliki arti tersendiri.

Bunga mawar memiliki banyak varietas yang menyebabkan orang menyebutnya dengan Rosaceae. Berdasarkan sifatnya mawar terbagi menjadi empat kelompok yaitu tanaman semak yang ditanam di pagar, mawar kerdil yang ditanam di pot, mawar pohon, dan mawar liana yang tumbuhnya merambat.

Bunga mawar aman untuk dikonsumsi karena bunga ini memiliki banyak manfaat dan khasiat. Di dalam bunga tersebut terkandung zat-zat yang berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh, berfungsi sebagai antiseptik, dan juga sebagai pembunuh jamur yang menyebabkan keputihan. Selain itu bunga mawar memiliki aroma yang harum yang dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan jiwa dan juga sebagai parfum.

3.Bunga Melati
Tanaman MELATI (Jasminum Sambac), selain fungsinya sebagai tanaman hias, biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat parfum.

Bunganya yang mungil berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi ternyata bermanfaat bagi kesehatan, demikian pula dengan daun dan akarnya.

Ada beberapa manfaat Melati sebagai tanaman obat:

a. Demam dan sakit kepala
Siapkan satu genggam daun melati dan 10 bunga melati lalu remas-remas dengan tangan. Rendam hasil remasan dengan air dalam mangkuk atau rantang. Gunakan air rendaman ini untuk kompres dahi.

b.Susah tidur (insomnia)
Siapkan 1–1,5 gram akar melati yang telah dicuci bersih. Giling bahan-bahan itu lalu tambahkan air matang secukupnya lalu minum hasil saringannya.

c.Sesak napas
Siapkan 20 lembar daun melati dan garam secukupnya. Rebus bahan-bahan itu dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga kira-kira sisa 2 gelas lalu saring. Tempel hasil rebusan di sekitar buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

3.Kantong Semar 

















Tumbuhan kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga(perangkap serangga) Namun, serangga-serangga tertentu lolos dari jebakan tumbuhan kantong semar. Misalnya, semut dapat hidup berdampingan dengan kantong semar. Secara ajaib, tumbuhan ini tidak mempedulikan keberadaan semut.

4.Cabai
Sejarah cabai erat kaitannya dengan ditemukannya benua Amerika oleh Christopher Colombus pada 1492. Suku Indian yang pribumi benua tersebut, ternyata memanfaatkan cabai yang diperkirakan sejak tahun 5.000 SM.

Colombus pun membawanya pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Ternyata, tanaman ini menjadi favorit dan perkembangannya begitu pesat. Dalam waktu setengah abad, cabai sudah sampai ke Afrika, India, Timur Tengah, Balkan, China, Asia dan termasuk Indonesia.

Hal ini berkat jasa para pedagang Portugis. Mereka mengembara ke seluruh penjuru dunia. Cabai pun menyevar dengan cepat dan diterima sebagai tanaman yang bisa dikonsumsi. Bahkan disejumlah daerah, Cabai adalah makanan wajib pembangkit selera makan.

Sejak dikenalkan, orang India mengembangkan tiga subspesies cabai dalam waktu setengah abad. Sementara suku Indian di Amerika hanya mampu mengembangkan empat subspesies selama 6.500 tahun mengenai cabai.

India kini menjadi produsen cabai dunia karena memproduksi lebih dari satu juta ton cabai setiap tahunnya. Pusatnya adalah Pantai Malabar di India yang telah beroperasi sejak dikenalkan cabai oleh Colombus.

Begitulah perjalanan cabai hingga mendunia seperti sekarang dan digemari hampir semua orang. Fakta, cabai ternyata tidak saja pembangikit selera tapi juga mengandung vitamin c paling banyak, mengalahkan jeruk, agaknya menjadi salah satu pertimbangan orang menyukai cabai

5.Rempah-Rempah






















Rempah rempah adalah tanaman yang dapat berguna untuk menambah nafsu makan dan untuk kesehatan perut anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar